**`'-,..≈PENDIDIKAN adalah INVESTASI BERHARGA≈..,-'**

 

Orang tua adalah pemegang peranan kunci dalam menxukseskan masa depan anak2nya.. Keberanian mengambil resiko dalam melangkah ,kecepatan dalam bertindak, kematangan dalam berfikir dan menentukan keputusan, ketekunan dalam mengontrol,mengevaluasi dan mendorong kemampuan anak menemukan bakat adalah sangat menentukan masa depan anak.Orang tua yg jg inspiratif-motivatif akan mencetak generasi yang kompetitif-produktif dalam mengemban tanggung jawab memajukan bangsa,ditengah persaingan hidup yg bertumpu pada kualitas sumber daya manusia (SDM).

Dan di dalam ISLAM sendiri mempunyai model pendidikan terpadu dan berkualitas antara formal, nonformal,dan informal..secara integrative dan sinergis. Yang mana dapat pula membentuk generasi masa depan bangsa yg berkwalitas dan kompetitif di tengah persaingan hidup yg makin keras dan tajam..serta krisis akhlaq dan moral spt sekarang ini.
Seperti topik diatas bahwa pendidikan adalah investasi berharga pembentuk generasi.Dan juga pendidikan adalah sarana untuk mendapat ilmu,ladang amal jariyah bagi orang2 kaya dan jg media pembentukan anak sholeh.
Pendidikan adalah ENTRY POINT pencetak kader andal,profesional dan produktif, karenanya pendidikan yg kita miliki haruslan punya tingkat kwalitas yg tinggi.shg manpu menjadi motivasi dan inspirasi anak didik dalam mengembangkan potensi.
Guru yg motivatif harus dicetak lewat intensifikasi TRAINING motivasi,metodologi,pengembangan wawasan,profesionalitas profesi,dan kecepatan berorganisasi.
RESEACH and DEVELOPMENT(R & D) dijadikan kgiatan utama Lembaga pendidikan yg nengandalkan kekuatan penelitian dan pengembangan akan menjadi pendidikan idola yg dicari bnyak orang.
Praktik harus dapat porsi lebih bnyak dalam segaka hal.krn itu dpt mengantarkan pendidikan meraih prestasi pd aspek kognisi,afeksi dan psikomotorik scara maksimal.Tanpa praktik,anak didik tidak akan termotivasi dan tertarik untuk mendalami materi dan pengembanganya.

Fasilitas internet yg dikelola dg baik akan smakin membuka MIND SET dan perspektif anak didik.

Menjadi kosmopolitan,global dan universal.

Untuk mencapai kesuksesan anak didik sangat diperlukan lingkungan yg kondusif dalam mendukung proses belajar mengajar,Yg mutlak apalagi di era global dan keras smacan skarang ini.
Perpaduan lembaga formal,informal dan nonformal akan membuat anak didik jd mantab,integral,dan holistik..krn fondasi spiritual didpt dr keluarga,pengembangan intelektualitasnya dari formal dan kecerdasan emosional-sosialnya dari nonformal (masyarakat).

Menurut Muhammad Surya,perubahan dasar pendidikan dalam global ,bercirikan:

1. Lingkungan yg merangsang pemikiran majemuk,shg menuntut pola kerja dlm bentuk Team Work.
2. Lingkungan perlu SDM yg mahir dalam IPTECT serta kopetensi yg efektif.
3. Masyarakat yg menghargai prestasi dr pd status aspek lainya (meritokrasi).
4. Lingkungan yg menghargai org yg menyelesaikan tugas scara efectif dan produktif.

Dan itu akan jd penopang 4 pilar pengembangan pendidikan.yaitu.:
1. Blajar nendpat pengetahuan dan belajar lbih lanjut ( learning to know-learning to learn).
2. Belajar miliki kompetensi dasar dalam iubungan dg situasi kerjayg berbeda (learning to do).
3. Blajar mengapresiasikan,mengamalkan,memahami dan mewujudkan perdamaian antar bangsa (learning to live together).
4. Blajarmengaktualisasikan diri sbg individu yg bertanggung jawab pribadi (learning to be).

Pendidikan adalah upaya strategis dan sistimatis dalam membentuk kepribadian dan karakter manusia
Dalam kontek "mikro" kluarga adalah elemen krusial dlm membentuk karakter dan kepribadian anak2. Sedang dalam "makro"
PENDIKNAS dpt memajukan bangsa yg inovatif,produktif,kompetitif dan tercerahkan.
Mendidik bkan hanya mentransfer IPTECT pd anak namum sbg proser transmisi nilai, moral, dan kepribadian shg menjadikan cerdas,arif,dan bijak.
Namum stiap usaha sadar,sistematis,dan terencana tuk membentuk moralitas dan akuntabilitas individu dan sosial adalah esensi dan substansi pendidikan.

Adapun tvjuan ditanamkannya pendidikan ISLAM menurut
Khan (1986) adalah.;

A. Memberikan pengajara Al-Qur'an sbg langkah pertama.
B. Menanamkan pengertian fundamental islam smuai dg
Al-qur'an dan Sunnah yg bersifat abadi.
C. Memperi pengertian skill dlm hal perubahan2 di masxarakat.
D. Menerangkan pd anak bahwa IPTECT tanpa iman dan islam adalah ksatuan yg tdk utvh dan pincang.E. Menciptakan genesasi yg
TANGGUH dlm iman dan pengetahuan.
F. Mengembangkan manusia islam yang berkwalitas dan diakui scara universal (Fatih Syuhud,1994.

Dan dalam literature islam, khususnya Fiqh..orang va mendapat porsi yg sangat besar dlm mendidik anak2nya..
Karena itu wajar lah jika ad hadits yg berbunyi=

" Carilah ilmu dari pangkuan ibu sampai keliang lahat (from the cradle to the grave)"

Karena konsep pendidikan Islam adalah LONG LIFE EDUCATION.

Demikian smoga bermanfaat.

By. Deandra S.B.

Referensi buku:
-filsafat pendidikan,yogyakarta:ar-Ruzz,2006.suparlan ruhartono.

-Imam Nawawi al-Batani,Qami'uth Tughyan.(surabya)
-MZ.Mandaru,Guru kencing berdiri,Murid kencing berlari,Potret Buruk Pendidikan di Indonesia(yogya:
Ar-Ruzz 2005)
-JamalMa'mur Asmani.
Beginikah Rasanya 7 Malam Pertama Di Alam Kubur.(yogya.2009)

0 comments: